AUTOMOTIVE MULTIMEDIA INTERFACE COLLABORATION ( AMI-C )
Tugas 4 Softskill Pengantar Telematika
Nama :
Ardiansyah Rahman
NPM :
1A113091
Kelas : 4KA43
Apa
yang kalian ketahui tentang Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia (Automotif
Multimedia Interface Collaboration/AMIC) :
A. Berikan Penjelasan ;
B. Berikan Contoh Kelebihan dan
Kekurangan ;
C. Berikan Saran ;
A. Penjelasan
Kolaborasi antar muka otomotif multimedia adalah sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh
komputer dan alat komunikasi kendaraan atau komputer dan radio dalam mobil.
Setiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan baik dan selaras sehingga
kendaraan dapat lebih handal. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum
tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa
saja mengganggu sistem keselamatan dan sistem-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah
kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan
diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan
waktu selama dua tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara
elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi
dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu. Standar-standar akan
memungkinkan sebuah pasar plug and play global untuk perangkat elektronik yang
akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan
pheriperal komputer pribadi.
Sejarah
AMIC
The
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998
dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
aplikasi berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif
ini yang di pakai pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan
Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat kendaraan dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil.
Untuk
berbagai alasan kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi
mobile telah datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru. Untuk membahas otomotif standar antarmuka multimedia
Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki
kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi
tersebut.
Arsitektur Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia
The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
1.
AMI-C 3023 Power Management Specification
2.
AMI-C 3013 Power Management Architecture
3.
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
4.
AMI-C 3034 Power Management Test Documents
5.
AMI-C 4001 Revision Physical Specification.
Tujuan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Kendaraan
1. Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antar muka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
2. Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
3. Memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan teknologi industri otomotif yang efektif
terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering
mengandung berbagai teknologi untuk mengembangkan komponen dan platform yang
khas hanya sekitar 50.000 unit.
4. Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar.
B. Kelebihan dan Kekurangannya
Kelebihannya
:
1.
Meningkatkan kenyamanan pengendara
dalam melakukan perjalanan seperti penggunaan media, komputer dan perangkat
komunikasi.
2.
Membantu pengendara untuk
menghindari kemacetan dan memudahkan pengendara untuk menemukan lokasi tujuan
dengan menggunakan sistem navigasi.
3.
Meningkatkan keamanan dari kendaraan
dengan standarisasi airbag, pintu kunci.
4.
Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
5.
Meningkatkan efisiensi dari
kendaraan.
6.
Meningkatkan kualitas penyampaian
informasi.
7.
Layar interaktif.
Kekurangannya :
1.
Kendala bagi orang yang kurang
memahami akan fungsi dari multimedia yang tertanam.
2.
Biaya yang mahal untuk melakukan
penambahan multimedia.
3.
Sulit untuk melakukan proses ketika
ada sensor elektronik yang rusak.
4.
Design yang standar bahkan buruk
dapat menyebabkan kebingungan dan kebosanan, bahkan ketika sensor rusak.
5.
Terlalu banyaknya multimedia dapat
menyebabkan pengendara tidak fokus dan dapat menyebabkan kecelakaan.
C. Saran
1. Bagi
kendaraan yang sudah mengadopsi teknologi Automotive Multimedia Interface
Kolaborasi (AMIC) disarankan agar supaya tetap memberikan suatu tuntunan atau
panduan penggunaan teknologi (AMIC) yang tertanam dalam kendaraannya secara
lisan atau langsung, itu sangat diperlukan mengingat tidak semua penggunanya
dapat memahami secara langsung atau cepat dan baik penggunaan teknologi ini
atau dengan kata lain masih ada beberapa dari pengguna yang masih belum melek
teknologi jadi ini menjadi salah satu perhatian yang cukup penting mengingat
tingkat pendidikan orang yang berbeda-beda jadi selain faktor kenyamanan ada
juga faktor lain yang menjadi perhatian penting yaitu keselamatan atau safety
yang jauh lebih penting ,karena akibat dari kesalahan atau ketidaktahuan
penggunaan teknologi ini mempunyai implikasi atau dampak mulai dari yang paling
ringan misalanya cedera biasa atau lecet pada kendaraan sampai pada yang
terparah yaitu kehilanggan nyawa si pengguna akibat dari gagal memahami akan
teknologi ini.
2. Sedangkan
untuk kendaraan yang belum ada atau terpasang teknologi ini tentu saja ada
banyak sekali kekurangannya salah satu diantaranya misalnya mengenai safety
atau keselamatan yaitu tidak adanya sensor airbag yang bisa secara otomatis
terbuka ketika kendaraan mengalami suatu benturan yang ringan sekalipun , ini
adalah satu diantara beberapa kekuranganya jika pun si pengguna ingin memasang
teknologi ini tentu saja harus siap dengan cost atau biaya yang harus
ditanggung karena pemasangan teknologi ini sudah barang tentu tidak murah. Jadi
akan lebih baik apabila terkendala dengan cost atau biaya maka cobalah
perhatikan beberapa hal yang paling krusial atau penting saja yang harus ada
dalam suatu kendaraan maka hal itu saja yang menjadi prioritas perhatian untuk
menghemat cost yang dikeluarkan. Jadi secanggih apapun teknologi yang ada
haruslah teknologi yang mudah dimengerti dan mudah dikuasai dan sudah barang
tentu harus pula didukung dengan SDM yang baik pula sebagai pengguna dari teknologi
tersebut.
http://dhiciwan.blogspot.com/2015/01/tugas-sofskill-iv-pengantar-telematika.html
Label: 4KA43
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda