Kamis, 10 April 2014

KONTRIBUSI BUDAYA DALAM BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI






Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sedemikian pesatnya menyebabkan perubahan tatanan yang cukup mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pemanfaatan teknologi informasi yang tepat dan pengelolaan informasi yang baik akan menambah nilai dan menghasilkan pengetahuan yang sangat khas bagi suatu negara, sesuai dengan kondisi alam dan budaya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan transformasi sosial menuju masyarakat yang lebih produktif, inovatif, dan kolaboratif. Penyebaran informasi melalui segala macam media dengan memanfaatkan Teknologi informasi akan menjalin keterhubungan antar elemen masyarakat dan penciptaan produk-produk, baik berupa perangkat, jasa, ataupun konten yang berkualitas dan dapat menghasilkan suatu sistem ekonomi pengetahuan yang diperlukan untuk meningkatkan keunggulan lokal dan nasional bangsa Indonesia untuk memasuki pasar dunia, sehingga memiliki daya saing global yang lebih kuat.

Budaya dikatakan cukup berkontribusi besar di dalam perkembangan teknologi, karena budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Selain itu Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain. Di dalam masyarakat kita juga mengenal adanya norma budaya dan norma statis.

Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dalam bidang kebudayaan mungkin sudah banyak sekali, dan sering kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari seperti mudahnya mencari informasi pengetahuan di dalam internet, sehingga dapat mengembangkan wawasan dan pemikiran penerus bangsa. Dampak positif lainnya adalah mempermudah masyarakat dunia dalam mengenalkan budaya-budaya mereka yang telah diturunkan dari nenek moyangnya.

Dimana ada dampak positif, pasti selalu ada dampak negatifnya (semacam pro dan kontra). Tidak sedikit dampak negatif yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan komunikasi kepada generasi penerus bangsa. Contoh paling sederhananya adalah membuat generasi penerus bangsa (generasi muda) malas dalam belajar dan membaca buku di perpustakaan sekolah atau universitas dikarenakan mudahnya mencari informasi dari internet. Dampak yang lainnya adalah banyaknya penipuan dalam dunia maya entah itu penipuan yang kecil hingga penipuan yang besar dan merugikan masyarakat-masyarakat yang terlibat, dan dampak yang paling memprihatikan adalah adanya kasus klaim budaya di beberapa daerah atau beberapa negara yang menimbulkan konflik di kedua pihak negara tersebut yang dapat merugikan kedua negara tersebut.

Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang  ada saat ini. Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi komunikasi ini yang dapat membantu mempermudah kita dalam menjalani aktivitas. Mungkin disini peran pemerintah sangatlah penting, sebagai lembaga yang dapat membuat peraturan yang bertujuan untuk kebaikan masyarakatnya. Selain itu peran orang tua dalam menanamkan pendidikan agama pada anak-anaknya juga termasuk hal yang penting untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma mana yang baik dan tidak baik, agar pemanfaatan teknologi komunikasi itu sendiri lebih tepat.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda